Pemasaran Pariwisata

Penulis Dr. Hary Jocom, M.Si
Penerbit
Tahun Terbit 2022
No ISBN 978-623-6286-35-7
Sinopsis Pariwisata di Indonesia saat ini menjadi salah satu fokus pembangunan unggulan, dengan ditetapkan pembangunan pariwisata super prioritas di beberapa destinasi potensial yang berpotensi mendatangkan devisa bagi negara dari kunjungan wisatawan dari luar negeri. Industri pariwisata merupakan industri potensial yang mampu menggerakkan sektor-sektor lain semisal industri makanan dan minuman, transportasi, penginapan, jasa, cenderamata dan UMKM. Pariwisata memiliki multifier efek bagi pelaku usaha lainnya, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Industri pariwisata memiliki karakteristik yang berbeda dengan berbagai produk barang dan jasa pada umumnya yang mendatangi konsumen, justru pariwisata konsumen yang mendatangi produk yang ditawarkan. Dengan demikian memerlukan strategi pemasaran yang berbeda dengan lainnya, sehingga buku ini dapat menjadi referensi untuk memahami tentang pemasaran pariwisata dan strategi di dalamnya. Diharapkan buku ini dapat bermanfaat bagi semua pelaku usaha pariwisata, mahasiswa, pemerintah, dan masyarakat umum. Topik pembahasan dalam buku ini terdiri dari 8 bab yaitu, (1) Bab 1 Pengantar Perjalanan dan Pariwisata; (2) Pemasaran: Sebuah Proses Berpikir Sistematis; (3) Karakteristik Khusus Pemasaran Perjalanan dan Pariwisata; (4) Lingkungan Bisnis: Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pariwisata; (5) Memahami Konsumen: Motivasi dan Perilaku Konsumen; (6) Segmentasi Pasar Untuk Perjalanan dan Pariwisata; (7) Formulasi Produk Perjalanan dan Pariwisata; serta; (8) Bauran Pemasaran untuk Pariwisata.